Friday 30 April 2010

Error Pada MySQL Server 5.1 5.1.37 di Ubuntu

PEngalaman ini aku pernah aku alami yaitu waktu itu ubuntu server aku install ulang, lalu data data di mysql aku back up (aku copy secara manual dan disimpan di flashdisk). Saat sudah menginstall ulang ubuntu server dan menumpuki folder mysql setiap restart mysql muncul pesan error . Jika Anda mengalami kegagalan saat service MySQL di stop dengan pesan:

Stopping MySQL database server mysqld [fail]
error: ‘Access denied for user ‘debian-sys-maint’@'localhost’ (using password: YES)’

maka hal ini diakibatkan oleh berubahnya password default debian-sys-maint pada sistem. Jangan tanya mengapa ini bsa terjadi, karena saya sendiri tidak tahu kenapa :d Yang jelas, setelah googling kesana kemari, akhirnya solusi yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka /etc/mysql/debian.cnf dan copy password yang tertera dalam file tersebut.
  2. Login kedalam mysql
  3. mysql -u root -p
    mysql>SET PASSWORD FOR ‘debian-sys-maint’@'localhost’ = PASSWORD(‘isikan_password_yg_td_dicopy_disini’);
    mysql>exit

  4. Lakukan upgrade MySQL ke versi 5.1 5.1.37
  5. Terkadang, upgrade ini membuat MySQL memiliki error sebagai berikut
  6. ERROR 1577 (HY000) at line 1: Cannot proceed because system tables used by Event Scheduler were found damaged at server start

  7. Jika error diatas terjadi, lakukan hal berikut untuk menghilangkannya
  8. sudo mysql_upgrade –force -u root -p

  9. Selesai, MySQL Anda sudah diupgrade dan tidak lagi bermasalah saat start, stop atau restart.
copaz : disini

No comments: