Friday 30 April 2010

Remote MySQL Server dari Jaringan

Aku pernah membuat MySQL Server yang bisa di akses dijaringan lewat browser. Semua berjalan lancar. Tetapi waktu aku mau membuat koneksi dengan MySQL Server lewat jaringan menggunakan software, ternyata koneksi ditolak. Kenapa? Padahal aku telah membuat user root dan host nya '%' alias bisa akses ke mana saja. Ternyata masih ada setingan lagi yang perlu diubah. Karena aku memakai ubuntu server maka aku carilah file yang bernama my.cnf letakknya di /etc/mysql/my.cnf. Aku buka my.cnf dengan pico . Perintahnya sudo pico /etc/mysql/my.cnf. Carilah kalimat dibawah ini :
bin-address : 127.0.0.1
Ubahlah kalimat diatas menjadi :
bin-address : 192.168.0.5 --------------> ganti dengan ip address komputer mysql server kamu
dan restartlah mysql server kamu
Good luck

copaz disini

No comments: