Thursday 15 January 2009

Ubuntu Sialan !!??!!


Orang bilang Ubuntu itu User Friendly dan nyaman digunakan. But, Nyatanya ketika aku mau nginstall Ubuntu susahnya minta ampun. Kamu tahu kan kalau Ubuntu mulai versi 6.06 keatas sistem instalasinya Live, baru kemudian bisa diinstall di harddisk. Ketika Ubuntu ini aku coba install di kompi muncul pilihan - pilihan yang aku mudeng sih artinya.Ada " Start & Install Ubuntu " atau "mode safe graphic" dan lain lain. Berhubung monitor aku berukuran 14 inch maka, aku setting deh VGA  dengan memencet F4 dan kupilih 800x600x32 resolution. Setelah itu instalasi berjalan sempurna sebelum menuju Grafis / Desktopnya (GUI). Layarku menjadi flicker (ngebrit - Jawa), itu menandakan bahwa setingan monitor masih diatas 800x600 resolution, padahal tadi udah aku setting. Aku ulangi dari awal proses instalasi, sudah aku coba berbagai macam trik untuk menginstall Ubuntu, googling lewat internet, dan benar benar Ubuntu ini emang sialan. 

Bagi teman teman yang ingin mencoba OS Linux, aku sarankan jangan pakai Ubuntu.Menyusahkan. Alih - alih ingin menikmati OS gratis, malah komputer kalian yang rusak karena proses instalasi gak berhasil terus. Walaupun teman - teman punya monitor yang resolusinya 1024x768, mending hindari aja nih Ubuntu. Sebab banyak kasus dikatakan di internet  manyatakan bahwa sering Ubuntu tidak mau mendeteksi resolusi monitor kita dan hanya mendeteksi resolusi 800x600 saja. Gapapa sih kalau kalian pengin liat tombol tombol di desktop jadi gede gede. hehehe. Dan kekurangan lain dari Ubuntu ini adalah Repository. Dari sekian banyak distro linux HANYA Ubuntu yang butuh tambahan CD/DVD yang bernama Repository jika kalian ingin file video atau audio kayak mp3 / mpg dapat didengar and diliat di Ubuntu. Dan jumlah CD/DVD ini bisa sampai 4 - 7 keping!!! Capek deh, kayak gak ada distro lainnya aja.Betul gak ??

20 comments:

Anonymous said...

Hahahaha... newbie GobloK....
Justru Ubuntu lah linux yg dah banyak pemakenya... mulai dari milis, google, blog.. de el el...

Klo Goblok lha mbok ya minta tolong ma yg laen... opini kmu ini SALAH KAPRAH... !!

tentang repo ?? Justru dengan adanya Repo, kmu klo mo install2 game dan laen2 malah lebih mudah, cepat dan gampang...

klo mo install dan bisa buat muter mp3 dan video, mending install anaknya ubuntu aja, Linux Mint.

Belajar yang rajin ya...

google

Anonymous said...

ada mode safe graphic ga dipake! ckckck...makanya banyak2 belajar bung! belum apa2 udah ngeluh. mau dikasih OS apa jg kl orangnya kyk gini ga bakalan bener, pasti nyalahin lagi OSnya. padahal orangnya yang DODOL!

milisdad said...

Silahkan bisa menggunakan LinuxMint atau BlankOn.
Jika anda ada masalah dapat bergabung di milis ubuntu-id.
Insya Allah ada temen2 yang mau membantu.

Saran saya pokoknya tetap semangat.

Anonymous said...

Goblok banget sih lo.....
Makanya gaul dikit dunk bos, saya sudah instal puluhan kompie dan lappie dengan Ubuntu jarang menemukan masalah yg berarti, kalau ada juga paling dengan satu klik tombol ajaib mbah Google akan selesai......
Makanya gaul dunk dan banyak2 belajar, biar ga goblok!!

Anonymous said...

Kecian deh lo, make Ubuntu aja udah nyerah, belum dikasih Slackware, Debian, Gentoo, atau *BSD lo..........

Purnomo Setiawan said...

Ya Maap jika menyinggung para fans Ubuntu y. Cuma aku mengatakannya sesuai fakta deh. Nggak ada yang aku tambah tambahin. And saat ini komputerku emang bisa diinstall Ubuntu dan flicker bisa diatasi tapi itu didapat karena faktor keberuntungan aja. Jika aku menginstall ulang Ubuntu lagi di komputer yang sama, dibutuhkan keberuntungan lagi. Coba deh kalian install Ubuntu dimonitor 14 inch baru kasih komen. Aku nggak bodo2 amat kok. Mode safe graphic juga udah dicoba tapi hasilnya nol besar. Peace

Anonymous said...

kwkwkwkwkw.... bung sudah buang saja itu Ubuntu sampean ke laut, ganti sama windows, kalo ga bisa beli lisensinya pake aja windows bajakan, kwkwkwkwkw sampe lebaran monyet juga kagak bisa maju - maju wong pakenya Ubuntu "Sialan". kalo temen - temen di Ubuntu-id pakenya Ubuntu Hardy, Ubuntu Intrepid, Ubuntu Jaunty, saya pake Ubuntu Intrepid pake PC Jadul monitornya 15", saya cari - cari di BEC monitor 14" kok ga nemu - nemu ya? ya selamat menikmati Ubuntu Sialan dengan Monitor 14" deh... saya mau menikmati Ubuntu Intrepid saya dengan Monitor 15" saya :P .

Anonymous said...

Ah masak sih pakai monitor 14 Inch tidak bisa ?

Ini spek komp yang saya pakai:
Prosesor: PIII 500 Mhz
Ram: 224 MB (128 + 64 + 32 )
VGA: S3 Trio3D (4 MB)
Monitor: Mugen 14 Inch.

Operating sistem Ubuntu 8.10
Resolusi monitor default 800 x 600

Salam

Anonymous said...

ck...ck...ck ada temennya yang bingung kok digoblog2-in. Beginikah komunitas ubuntu indonesia sok pintar, baru pake sebentar aja udah goblog2in orang apalagi kalo udah advance

Anonymous said...

yang SIALAN itu yang gak tau cara make ubuntu....

google pasti membantu anda....

biasakan googling sebelum posting tulisan tak bermutu seperti ini...

dasar GOBLOK...TOLOL...

Anonymous said...

bukan begini cara supaya bisa menggunakan ubuntu....

bukan dengan menuliskan tulisan sampah ini kmu bisa menggunakan linux....

udah GUI aja protes...gimana mau pake CLI...parah....

Anonymous said...

yang nulis = jari tengah

Anonymous said...

Wah.... apa2an nih ? kok pada nyinggung fans ubuntu,
mungkin mas kesulitan karena mas tidak biasa dengan ubuntu, coba mas ingat2, bagaimana pertama kali mas bertemu dengan windowssssssssssssss??
duu aku pemakai windowssssssssssss
sampai akhirnya komputerku kena virus dan aku harus memformat ulang, padahal aku sudah pakai antivirus kaspersky.
pada akhirnya pilihan ada di angan mas

Anonymous said...

masa gitu aja nyerah bung.....

blum ada usahanya jgn asal komentar dong.....

Anonymous said...

Pengalaman yang sama pernah saya rasakan, karena memakai monitor 14" merk cina, padahal baru tuh, lalu coba ganti dengan yang merk jepang (juga sama 14"). Ga ada masalah. Kalo laptop merk axioo yang harganya paling murah, ga bisa pakai intrepid apalagi jaunty, cukup pakai hardy ja. yang penting berani mencoba dan tidak menghina apalagi meremehkan suatu sistem operasi, karena saya yakin, yang menghina itu biasanya ga bisa bikin OS sendiri, cuman bisa makai.

Anonymous said...

hahaha...mungkin bagi komunitas ubuntu seindonesia bukan begitu ...mungkin maksudnya coba dulu baru comment...(maaf untuk kom ubuntu). gw juga newbie...ini aje gw lagi nyari tahu tentang ubuntu...betul kata comment2x di atas biasakan google...google...dan google...
eeh...alhmdlh akhirnya gw dapet juga masalah yang gw hadapi...peace !!!n_n

Anonymous said...

UBUNTU CUKIMAE

Anonymous said...

wah bagus mas...
saya salut... dengan postingan kayak gini bisa menarik banyak orang..
lumayan kalo nge klik google ads nambah celengan...

gimana kalo bikin postingan
ngehujat presiden dan KPK atau century
mungkin lebih heboh lagi...
silaken dicoba mas....

Anonymous said...

wahh.... itu cara gampang ma ua aja pake leptop MSI dengan VGA SIS mirage, pertama a sih susah tapi setelah googling semalaman dapat koq masa itu aja gak betah, cuma saya ingin tanya kenapa ubuntu gak di lenkapin aja plugin a biar gampang..

Anonymous said...

klw mau mudah dan gampang friendly pake turunan rpm redhat fedora openmandriva mageia dst debian jg mudah dr pd ubuntu kbuntu pokonkya yang buntu2 ribet deh